A.
Pengertian Nasabah Kabur
Pelanggan atau nasabah merupakan asset atau
kekayaan utama perusahaan karena tanpa pelanggan perusahaan tidak berarti
apa-apa. Pengertian pelanggan atau nasabah kabur adalah pelanggan atau nasabah
pergi meninggalkan perusahaan atau tidak lagi membeli, mengomsumsi, atau
memiliki produk yang ditawarkan perusahaan.
B.
Sebab-sebab Nasabah Kabur
1.
Pelayanan yang tidak memuaskan
Pelayanan yang tidak memuaskan artinya apa yang diharapkan pelanggan tida
sesuai dengan yang diterimanya atau dengan kata lain harapan tidak sama dengan
kenyataan.
2.
Produk yang tidak baik dan tidak lengkap
Kelengkapan produk yang ditawarkan kurang juga berpotensi membuat nasabah
tidak menjadi pelanggan kita lagi. Artinya sekali berhenti dalam suatu
perusahaan nasabah ingin kebutuhannya segera terpenuhi dengan tersedia produk
atau jasa yang lengkap.
3.
Ingkar janji dan tidak tepat waktu
Ingkar janji dan tidak tepat waktu artinya karyawan tidak menepati janji
seperti waktu pelayanan atau pengiriman barang.
4.
Biaya yang relative mahal
Factor
besarnya beban atau biaya yang dibebankan ke pelanggan juga akan memengaruhi
nasabah kabur.
Comments
Post a Comment