A.
Memahami Perubahan
Prubahan dunia yang begitu
cepat memaksa produsen dan para penjual berpikir keras agar tetap eksis di dunianya. Perubahan ini
disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan dan
perkembangan teknologi, baik teknologi mesin maupu alat-alat berat, terlebih
lagi teknologi komunikasi. Perkembangan teknologi mesin dari manual sampai
mesin yang serba otomatis telah mampu mengubah mutu atau kualitas produk, mulai
dari kemasan sampai pada isinya yang semakin menarik dan kompetitif.
B.
Pengertian Pesaing
Pesaing adalah perusahaan
yang menghasilkan atau menjual barang atau jasa yang sama atau mirip dengan
produk yang kita tawarkan. Pesaing suatu perusahaan dapat dikategorikan pesaing
yang kuat dan pesaing yang lemah atau ada pesaing yang dekat yang memiliki
produk yang sama atau memiliki produk yang mirip.
C.
Identifikasi Pesaing
Identifikasi pesaing
meliputi hal-hal berikut.
1.
Jenis produk yang ditawarkan
2.
Melihat besarnya pasar yang
dikuasai
3.
Identifikasi peluang dan ancaman
4.
Identifikasi keunggulan dan
kelemahan.
D.
Menentukan Sasaran Pesaing
Setelah kita mengetahui
pesaing dan market share yang telah dikuasai, kita perlu mengetahui sasaran
dari pesaing dan siapa yang menjadi target mereka selanjutnya. Sasaran pesaing
antara lain memaksimalkan laba, memperbesar market share, meningkatkan mutu
produk, atau mungkin juga mematikan atau menghambat pesaing lainnya.
E.
Identifikasi Strategi Pesaing
berbagai strategi dapat
dijalankan oleh pesaing. Secara umum strategi-strategi tersebut adalah sebagai
berikut :
1.
Strategi menyerang pesaing yang
lemah lebih dahulu.
2.
Pesaing langsung menyerang
lawan yang kuat.
3.
Strategi gerilya, yaitu
strategi yang dilakuka pesaing dengan menembak dan lari.
4.
Bertahan terhadap setiap
serangan yang dilakukan lawan atau mengimbangi serangan yang dilakukan lawan.
F.
Analisis Kekuatan dan Kelemahan
Pesaing
Identifikasi kelemahan dan
kekuatan dapat dilakukan melalui tahap-tahap sebagai berikut :
1.
Mencari dan mengumpulkan data
tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sasaran, strategi dan kinerja
pesaing.
2.
Mencari tahu kekuatan pesaing
dalam hal keuangan, sumber daya manusia, teknologi, serta lobi di pasar.
3.
Mengetahui market share yang
dikuasai pesaing dan tindakan pesaing terhadap pelanggan.
4.
Mencari tahu kelemahan pesaing
dalam hal keuangan, sumber daya manusia, serta lobi pasar.
G.
Identifikasi Reaksi Pesaing
Sebagain contoh, beberapa
reaksi pesaing terhadap terhadap seragan yang kita lakukan adalah sebagai
berikut:
1.
Apabila kita meurunkan harga,
akan diikuti pesaing dengan menurunkan harga pula, bahkan mungin lebih rendah
daripada yang kita lakukan.
2.
Apabila kita memberikan hadiah
akan dibalas pula dengan pemberian hadiah yang lebih baik.
3.
Apabila kita memberikan diskon
dalam jumlah tertentu kepada pelanggan, pesaing juga memberikan diskon yang
lebih menarik dengan nilai yang lebih tinggi pula.
4.
Apabila kita membebaskan
biaya-biaya seperti biaya administrasi, sudah pasti akan diikuti pesaing dengan
jumlah biaya yang lebih murah.
5.
Apabila kita membuka cabang di
suatu lokasi, akan dibalas oleh pesaing dengan membuka cabang di lokasi
perusahaan kita.
H.
Strategi Menghadapi Pesaing
Srategi untuk menghadapi
pesaing dapat dilkukan untuk posisi-posisi sebagai berikut:
1.
Strategi pemimpin pasar
2.
Stategi penantang pasar
3.
Strategi pengikut pasar
4.
Strategi relung pasar
Strategi
penyerangan yang dapat dilakukan terhadap pesaing terdiri dari lima cara
berikut :
1.
Serangan Frontal
2.
Serangan Samping
3.
Serangan Pengepungan
4.
Serangan melambung
5.
Serangan gerilya
Comments
Post a Comment