A. Pengertian Pasar
Secara sederhana
pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi. Pengertian ini
mengandung arti pasar memiliki tempat atau lokasi tertentu sehingga memungkinkan
pembeli dan penjual bertemu. Di dalam pasar ini terdapat penjual dan pembeli
untuk melakukan transaksi jual beli produk, baik barang maupun jasa.
B. Pengertian Pemsaran
Pegertian
pemasaran seperti yang dikemukakan oleh ahli pemasaran dunia yaitu Philip
Kotler adalah :
“suatu
proses social dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan
produk dan nilai dengan pihak lain”.
Kelompok
pasar terdiri dari beberapa jenis sebagai berikut :
1.
Pasar konsumen
2.
Pasar industrial
3.
Pasar reseller
4.
Pasar pemerintah
C. Permintaan dan Penawaran
Permintaan
adalah keinginan yang didukung oleh daya beli dan akses untuk membeli.
Permintaan akan terjadi apabila didukung dengan kemampuan (keuangan) yang
dimiliki seorang konsumen untuk membeli.
Ada
beberapa factor yang mempengaruhi permintaan suatu barang atau jasa, yaitu :
1.
Harga barang itu sendiri
2.
Harga barang lain yang memiliki hubungan (barang
pengganti atau barang pelengkap)
3.
Pendapatan
4.
Selera
5.
Jumlah penduduk
6.
Factor khusus (akses).
Penawaran adalah
jumlah barang atau jasa yang ditawarkan produsen pada berbagai tingkat harga
pada suatu waktu tertentu. Artinya produsen aau penjual menawarkan barangnya
kepada konsumen dengan tingkat harga tertentu.
Factor yang
mempengaruhi penawaran yaitu :
1.
Harga barang itu sendiri
2.
Harga barang lain yang memiliki hubungan (barang
pengganti atau barang pelengkap)
3.
Teknologi yang digunakan
4.
Harga input (ongkos produksi)
5.
Tujuan perusahaan
6.
Dan faktor khusus
D. Segmentasi Pasar, Pasar Sasaran, dan Posisi
Pasar
Segmentasi pasar
adalah membagi-bagi pasar menjadi beberapa kelompok pembeli berbeda yang
mungkin memerlukan produk atau jasa yang berbeda pula. Pasar sasaran adalah menentukan posisi pasar.
Posisi pasar diupayakan di lokasi yang kompetitif untuk produk atau suatu
pasar.
Untuk
memilih dan menentukan posisi pasar pasar, strategi yang dapat digunakan adalah
:
1.
Megidentifikasikan keunggulan kompetitif yang
mungkin memberikan nilai yang terbesar dengan cara mengadakan perbedaan.
2.
Memilih keunggulan kompetitif yang tepat.
3.
Mewujudkan dan mengomunikasikan posisi dipilih.
Comments
Post a Comment