A.
Pendahuluan
Telivisi merupakan salah satu media massa yang sangat
berpengaruh terhadap masyarakat. Munculnya media televisi sebagai media
elektronik memberi pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan masyarakat ini.
Televise merupakan bangian dari kehidupan sehari-hari yang menyatu dan menjadi
sumber utama dari sosialisasi dan informasi bagi masyarakat.
B.
Konsep
Media Pembelajaran
Media adalah pengantar pesan dari
pengirim ke penerima pesan, dengan demikian media merupakan wahana penyalur informasi
belajar atau penyalur pesan. Media pembelajaran sebagai wahana untuk
menyampaikan pesan atau informasi dari sumber pesan diteruskan pada penerima.
C.
Pengertian
Televisi
Telivisi berasal dari kata
tele dan visie, tele artinya jauh
dan visie artinya pengelihatan, jadi
televisi adalah penglihatan jarak jauh atau penyiaran gambar-gambar melalui
gelombang radio.
Telivisi merupakan paduan audio dari segi penyiarannya dan
video dari segi gambar bergeraknya. Telivisi pendidikan adalah penggunaan
program video yang dirancanakan untuk mencapai tujuan pengajaran tertentu tanpa
melihat siapa yang menyiarkan.
D.
Fungsi
Televisi
Menurut Effendy (1994),
televise mempunyai tiga fungsi pokok yaitu :
- Fungsi Penerangan (The Information Function)
- Fungsi Pendidikan (The Education Function)
- Fungsi Hiburan (The Entetainment Function)
E.
Karakteristik
Media Televisi
- Televisi sebagai Media Komunikasi Massa
- Televisi sebagai Media Elektronik
- Televisi sebagai Media Audio-Visual
F.
Sejarah
Media Televisi
Pada tahun 1873 seorang operator
telegram menemukan bahwa cahaya memengaruhi resistensi elektris selenium. Ia
menyadari itu bisa digunakan untuk mengubah cahaya kedalam arus listrik dengan
menggunakan foto sel selenium.
Sejarah adanya media
televisi tidak terlepas dari ditemukannya alat-alat yang berkaitan dengan media
televisi tersebut.. awal mula ditemukannya televise ialah dengan ditenukannya
hukum gelombang elektromagnetik oleh Joseph Henry dan Michael Faraday.
Televisi adalah suatu media massa masa kini yang setiap orang
pasti mengetahui dan pernah menonton. Televisi memberi informasi dan tontonan
apapun yang ada disekitar kita. Dulu sebelum televisi bermunculan seperti
sekarang ini media massa yang ada hanya radio dan surat kabar. Teknologi
semakin canggih yang dulu hanya bisa mendengar suara, sekarang mendengar suara
sekaligus bisa melihat gambarnya.
G.
Perkembangan
Media Televisi di Indonesia
Televisi
pertama di indonesia yaitu TVRI, masyarakat dulu awal munculnya TVRI tahun
1970-an hanya menikmati satu stasiun televisi. Kemudian disusul dengan RCTI
tahun 1989. Saat itu RCTI hanya dapat dinikmati pelanggan berbayar di wilayah
jakarta dan sekitarnya. Pada tahun 1990 Menteri Perhubungan Indonesia
memperbolehkan RCTI untuk tayang sebagai televisi nasional. Dan akhirnya pada
tahun 1991 RCTI resmi menjadi televisi Nasional yang pertama kali diluncurkan
di kota bandung.
Kemudian
setelah RCTI resmi menjadi televisi Nasional, disusul SCTV pada tahun 1992.
Pada awalnya SCTV dimunculkan untuk menambah kenyamana warga surabaya yang
hanya dapat menikmati TVRI saja. SCTV yang dulu singkatannya “Surabaya Centra
Televisi” sekarang menjadi “Surya Citra Televisi”. Karena SCTV menjadi televisi
Nasional maka banyak bermunculan televisi-televisi laninya hingga saat ini.
H.
Konsep
Televisi Pendidikan
Televisi adalah
sebuah media telekomunikasi terkenal yang digunakan untuk memancarkan dan
menerima siaran gambar bergerak, baik itu yang monokrom (“hitam putih”) maupun
warna, biasanya dilengkapi oleh suara. Menurut Oemar Hamalik (1985:134)
mengemukakan bahwa televisi sesungguhnya adalah perlengkapan elektronik, yang
pada dasarnya sama dengan gambar hidup yang meliputi gambar
dan suara Televisi
pendidikan adalah sebuah stasiun televisi di Indonesia yang khusus ditujukan
untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan sebagai media pendidikan
pembelajaran masyarakat.
Televisi pendidikan yang mengundang banyak kontroversi antara pihak yang
setuju dengan pihak yang tidak setuju adanya televisi pendidikan mempunyai
beberapa kekurangan yaitu :
- Biaya operasionalnya yang cukup mahal
- TV terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut,
- Apabila pembelajaran melalui televisi dilakukan dengan siaran langsung, maka yang pasti akan terjadi adalah kesulitan terintegrasikannya jadwal siaran pembelajaran di televisi dengan jadwal pembelajaran di sekolah,
- Diperlukan adanya persiapan terlebih dahulu sebelum proses pemebelajaran berlangsaung
- Terbatas karena kondisi geografis bercorak kepulauan dan pegunungan
Selain mempunyai kekurangan,televisi pendidikan juga mempunyai kelebihan
diantaranya :
- Bersifat langsung dan nyata, serta dapat menyajikan peristiwa yang sebenarnya,
- Memperluas tinjauan kelas, melintasi berbagai daerah atau berbagai negara,
- Dapat menciptakan kembali peristiwa masa lampau,
- Dapat mempertunjukkan banyak hal dan banyak segi yang beraneka ragam,
- Banyak mempergunakan sumber – sumber masyarakat,
- Menarik minat peserta didik,
- Dapat melatih guru, baik dalam pre-servise maupun dalam invervice Training.
Comments
Post a Comment