Memasuki
era Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sekarang ini sangat
dirasakan kebutuhan dan pentingnya penggunaan TIK dalam kegiatan
pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang diharapkan.
Melalui TIK kita dapat meningkatkan mutu pendidikan , yaitu dengan cara
membuka lebar-lebar terhadap akses ilmu pengetahuan dan teknologi
informasi dalam rangka penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan
menyenangkan. Terutama penerapan high tech dan high touch approach. System
Teknologi Informasi dan Komunikasi memberikan jangkauan yang luas,
cepat, efektif, dan efisien terhadap pengemasan dan penyebarluasan
informasi ke berbagai penjuru dunia.
Konsep Belajar, Pembelajaran dan Mengajar
Belajar merupakan salah sati faktor yang memengaruhi dan berperan
penting dalam pembentukan pribadi dan perilaku individu. Sebagian besar
perkembangan individu berlangsung melalui kegiatan belajar. Menurut
Surya (1997), ada delapan cirri-ciri dari perubahan perilaku, yaitu
perubahan yang disadari atau disengaja (intensional), perubahan yang berkesinambungan (kontinu),
perubahan yang fungsional, perubahan yang bersifat positif, perubahan
yang bersifat aktif, perubahan yang bersifat permanen, perubahan yang
bertujuan dan terarah serta perubahan perilaku secara keseluruhan.
Menurut Gagne perubahan perilaku yang merupakan hasil belajar dapat
berbentuk informasi verbal, kecakapan intelektual, strategi kognitif,
sikap serta kecakapan motorik. Secara keseluruhan biasanya hasil belajar
akan tampak berupa kebiasaan, keterampilan, pegamatan, berpikir
asosiatif, berpikir rasional dan kritis, sikap, inhibisi (menghindari
hal yang mubazir), apresiasi serta perilaku afektif.
Mengajar dapat diartikan sebagai suatu kegiatan atau suatu aktifitas
dalam rangka menciptakan suatu situasi dan kondisi belajar siswa yang
kondusif. Adapun jenis-jenis aktifitas belajar yakni belajar arti kata,
belajar kognitif, belajar menghapal, belajar teoritis, belajar konsep,
belajar kaidah, belajar berpikir, belajar keterampilan motorik serta
belajar estetis. Dalam belajar terdapat prinsip-prinsip yang harus
diketahui yaitu, prinsip yang pertama adalah perhatian dan motivasi.
Motivasi terbagi menjadi dua yaitu motif intrinsic dan motif ekstrinsik.
Prinsip selanjutnya adalah keaktifan, keterlibatan langsung,
pengulangan, tantangan, balikan dan penguatan serta perbedaan individu.
Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi
Peranan komputer sebagai media pembelajaran adalah menjadi sumber
utama dalam mengimplementasikan program pembelajaran di sekolah, melalui
computer siswa dapat menjalankan aplikasi program yang didukung juga
dengan fasilitas penunjang yang saat ini berkembang yaitu internet.
Perkembangan teknologi komputer saat ini telah membentuk suatu jaringan (network)
yang dapat member kemungkinan bagi peserta didik untuk berinteraksi
dengan sumber belajar secara luas. Diskusi dan interaksi keilmuan dapat
terselenggara melalui tersedianya fasilitas internet dan web dengan
system e-learning sehingga memungkinkan peserta didik untuk mengakses informasi secra fleksibel tanpa terbatas waktu dan tempat.
Dalam dunia pedidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi secara umum
bertujuan agar siswa memahami alat Teknologi Informasi dan Komunikasi
secara umum termasuk komputer dan memahami informasi, artinya siswa
mengenal istilah-istilah yang digunakan pada Teknologi Informasi dan
Komunikasi khususnya pada computer yang umum digunakan.
Comments
Post a Comment