A.
Pengertia Pembelajaran Berbasis Komputer
Pembelajaran berbasis komputer merupakan program
pembelajaran dengan menggunakan software
komputer (CD pembelajaran) berupa program computer yang berisi tentang muatan
pembelajaran meliputi; judul, tujuan, materi pembelajaran, dan evaluasi
pembelajaran.
B.
Prinsip-prisip Pembelajaran Berbasis Komputer
Pembelajaran berbasis komputer (PBK)
mempunyai prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.
Berorientasi pada tujuan pembelajaran
2.
Berorientasi pada pembelajaran individual
3.
Berorientasi pada pembelajaran mandiri
4.
Berorientasi pada pembelajaran tuntas
C. Sejarah Pembelajaran Berbasis Komputer
Sejarah pembelajaran berbasis komputer dimulai dari
munculnya ide-ide untuk menciptakan perangkat teknologi terapan yang
memungkinkan seseorang proses belajar secara individual dengan menerapkan
prinsip-prinsip didaktik-metodik tersebut. Dalam sejarah teknologi pembelajaran
kita menemukan bahwa karya Sydney L. Pressey (1960) untuk menciptakan mesin
mengajar atau teaching machine bias dicatat
sebagai pelopor dalam pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran.
D. Komputer Sebagai Media Pembelajaran
Hal-hal yang harus dipertimbangkan dalam
memilih media pembelajaran, adalah sebagai berikut.
1.
Komponen tujuan
Memilih media
pembelajaran harus disesuaikan dengan peruntukannya, apakah tujuannya untuk
audience secara individual atau klasikal? Apakah tujuan pemilihan media relevan
dengan kemampuan siswa dan juga kemampuan guru dalam menggunakan berbagai jenis
media pembelajaran.
2.
Komponen Karakteristik Media Pembelajaran
Pemahaman terhadap
karakteristik media pembelajaran merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki
oleh guru dalam kaitannya dengan pemilihan media. Malahan kemampuan semacam ini
memberikan peluang menggunakan berbagai jenis media pembelajaran yang
bervariasi.
3.
Komponen Kesesuian
Yaitu keseuaian
dengan rencana kegiatan, sasaran belajar, tingkat keterbacaan media, situasi
dan kondisi dan objektifitas. Keseuaian dengan rencana kegiatan untuk anak
sekolah dasar yang dituangkan dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP).
4.
Kelebihan Komputer
Komputer memunginkan
mahasiswa belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami
pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam proses
belajar membuat mahasiswa dapat
melakukan control terhadap aktivitas belajarnya. Penggunaan komputer dalam
lembaga pendidikan jarak jauh memberikan keluasan terhadap mahasiswa untuk menentukan kecepatan belajar
dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan.
5.
Kekurangan Komputer
Disamping memiliki
sejumlah kelebihan, komputer sebagai sarana komunikasi interaktif juga memiliki
beberapa kelemahan. Kelemahan pertama adalah tingginya biaya pengadaan dan
pengembangan program komputer , terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaraan.
Dasamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi
perangkat keras (hardware) dan
perangkat lunak (software) memerlukan
biaya yag relative tinggi.
E.
Model-model Pembelajaran Berbasis Komputer.
1.
Model Drills, adalah suatu model pembelajaran
dengan jalan melatih siswa terhadap bahan pelajaran yag sudah diberikan.
2.
Flowchart Model
Drills. Flowchart berupa alur dalam
bentuk kotak-kotak dialog yang memiliki makna dan arti tersendiri.
3.
Model Tutorial. Program tutorial pada dasarnya sama
dengan program bimbingan yang bertujuan memberikan bantuan kepada siswa agar
dapat mencapai hasil belajar secara optimal.
4.
Metode Simulasi. Merupakan salah satu strategi
pembelajaran yang bertujuan memberkan pengalaman belajar yang lebih konkret
melalui penciptaan tiruan-tiruan bentuk pengalaman yang mendekati suasana
sebenarnya dan berlangsung dlam suasana yang tanpa resiko.
5.
Model Instructional Games. Merupakan salah satu
bentuk metode dalam pembelajaran berbasis komputer. Tujuannya adalah untuk
menyediakan pengalaman belajar yang memberikan fasilitas belajar untuk menambah
kemampuan siswa mellui bentuk permainan yang mendidik.
Comments
Post a Comment